English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 26 Juni 2012

Tumbuhan Langka di Indonesia dan Penjelasannya

Memang Indonesia merupakan wilayah yang subur dan kaya akan tanaman-tanaman langka serta berbagai macam jenis makanan seperti nasi tiwul misalnya. Bahkan sebuah gambar kata kata mutiara rasanya tidak akan cukup untuk menjelaskan keindahan alam yang tersimpan di bumi Nusantara ini.

Dari sekian banyak jenis tanaman yang tumbuh di sekitar kita, ternyata ada beberapa jenis tumbuhan yang sudah masuk dalam kategori tanaman langka, beberapa macam tumbuhan langka di Indonesia tersebut diantaranya adalah seperti dijelaskan dibawah ini.

Tumbuhan Langka di Indonesia dan Keterangannya
Tidak kalah dengan tumbuhan langka di dunia dan penjelasannya, maka di Indonesia juga terdapat banyak jenis tanaman langka yang patut kita jaga kelestariannya.



Kantong Semar

1. Kantong Semar (Nepenthes Sp)
Tuumbuhan unik yang memiliki sejenis katup atau kantong ini termasuk dalam kategori tanaman langka di Indonesia yang populasinya mulai punah. Tumbuhan kantong semar dapat ditemukan di daratan Sumatera dan Kalimantan. Tumbuhan ini terbagi menjadi tiga spesies yaitu Nepenthes boschiana, Nepenthes pilosa, dan Nepenthes talangensis.


Mangga Kasturi

2. Mangga Kasturi (Mangifera casturi)
Menurut pernyataan IUCN Redlist, mangga kasturi termasuk dalam jenis tumbuhan yang telah punah. Mangga kasturi pernah tumbuh di Kalimantan, tumbuhan ini juga merupakan maskot provinsi Kalimantan Selatan.


Biji Tengkawang

3. Tengkawang atau Meranti Merah (Shorea singkawang)
Tengkawang adalah jenis pohon yang biji buahnya dapat di olah menjadi minyak nabati. Pohon tengkawang dapat di temukan di Kalimantan dan dalam jumlah kecil juga tumbuh di Sumatera. Tengkawang memiliki beberapa spesies, pohon ini juga merupakan maskot dari provinsi Kalimantan Barat.

Untuk sementara, itulah tiga jenis tumbuhan langka di Indonesia dan penjelasannya yang dapat saya sampaikan. Masih banyak jenis tumbuhan lainnya yang terdapat di Indonesia yang sudah mengalami kepunahan. Sembari mencari referensi yang lebih lengkap, mungkin penjelasan singkat tentang tumbuhan langka di atas dapat membantu.

0 komentar

Posting Komentar