English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 06 Januari 2013

Tips Sederhana Untuk Jantung Sehat

Kesahatan adalah harga yang sangat mahal , setiap orang tidak mau sakit ingin hidup sehat namun bila anda sakit ada organ anda yang rusak . dalam artikel ini saya ingin membahas 3 Tips Sederhana Untuk Jantung Sehat  .



Penyakit jantung merupakan penyebab kematian utama di dunia dan penyebab kematian laki-laki nomor 1 di Indonesia. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus menerima hal tersebut sebagai nasib. Meskipun Anda tidak bisa mencegah beberapa faktor penyebab seperti sejarah keluarga dan usia, Anda tetap masih bisa melakukan beberapa langkah pencegahan  utama penyakit jantung. Mulailah hindari penyakit jantung dengan berhenti merokok, olahraga teratur dan diet sehat.
Berikut 3 langkah pencegahan dasar yang bisa menjadi panduan Anda sehari-hari.
  1. Berhenti merokok atau menggunakan produk-produk tembakau . Merokok atau menggunakan produk-produk tembakau lainnya merupakan faktor utama pemicu penyakit jantung. Jika ingin mencegah penyakit jantung, tidak ada batasan yang aman untuk merokok. Menghisap lebih sedikit tembakau atau menggunakan rokok yang rendah tar dan nikotin tetap saja berisiko, sama seperti perokok pasif. Asap tembakau mengandung lebih dari 4.800 zat-zat kimia. Sebagian besar dari zat kimia ini bisa merusak jantung dan pembuluh darah, membuat pembuluh arteri lebih rentan mengalami penyempitan (atherosklerosis). Atherosklerosis ini merupakan pemicu terjadinya serangan jantung. Selain itu, nikotin pada asap rokok akan memaksa jantung berkerja lebih keras akibat adanya penyempitan pembuluh darah. Hal ini akan mempercepat detak jantung dan meningkatkan tekanan darah. Karbon monoksida dalam asap rokok akan menggantikan sebagian oksigen dalam darah. Hal ini juga akan meningkatkan tekanan darah karena memaksa jantung bekerja lebih keras untuk menyuplai oksigen. Dampak ini tidak hanya dirasakan oleh perokok berat. Bahkan mereka yang hanya merokok saat bergaul, misalnya hanya saat di restoran atau bersama teman, tetap berisiko lebih tinggi mengalami penyakit jantung. Perempuan yang merokok dan menggunakan pil kontrasepsi memiliki risiko lebih besar mengalami serangan jantung dibandingkan mereka yang tidak merokok. Yang lebih buruk lagi, risiko ini akan meningkat seiring dengan pertambahan usia, khususnya di atas 35. Berita bagusnya, saat berhenti merokok, risiko penyakit jantung Anda akan turun drastis hanya dalam waktu 1 tahun. Tidak perduli berapa lama dan berapa banyak Anda sudah merokok, Anda tetap akan langsung mengalami perbaikan kesehatan segera setelah berhenti merokok.
  2. Aktif . Olahraga sangat bermanfaat. Melakukan aktivitas fisik secara teratur bisa mengurangi risiko alami serangan jantung fatal. Jika Anda memadukan aktivitas fisik ini dengan gaya hidup lainnya seperti mempertahankan berat badan sehat, maka manfaat yang Anda peroleh akan lebih besar lagi.Aktivitas fisik membantu Anda mengontrol berat badan dan mengurangi kemungkinan mengalami kondisi-kondisi yang bisa merusak jantung seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes. Selain itu, aktivitas fisik juga bisa mengurangi stres, yang juga merupakan salah satu faktor pemicu penyakit jantung. Anda direkomendasikan untuk berolahraga paling tidak 30-60 menit hampir setiap hari dalam seminggu. Akan tetapi, jika Anda belum bisa memenuhi durasi ini, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan manfaatnya. Jadi, jika belum bisa memenuhi waktu yang disarankan, Anda bisa membagi-bagi waktu latihan dengan durasi 10 menit per sesi dan Anda akan tetap mendapatkan manfaat yang sama. Jangan lupa juga, olahraga tidak harus di gym. Berkebun, membersihkan rumah, naik tangga atau menemani anjing kesayangan Anda jalan-jalan juga termasuk olahraga. Anda tidak harus melakukan latihan fisik berat untuk bisa mendapatkan manfaatnya. Tapi, Anda akan merasakan manfat lebih besar lagi dengan meningkatkan intensitas, durasi, serta frekuensi latihan Anda.
  3. Mengikuti diet jantung sehat Diet rendah lemak, kolesterol serta rendah garam bisa membantu Anda menjaga jantung sehat. Pilihlah diet yang kaya buah, sayur, whole grain serta produk-produk susu rendah lemak yang bisa membantu menjaga jantung. Kacang polong, sumber-sumber protein rendah lemak serta beberapa jenis ikan tertentu bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, ada baiknya juga kalau Anda membatasi asupan lemak. Diantara jenis lemak berikut : Lemak jenuh, lemak tidak jenuh ganda, lemak tidak jenuh tunggal serta lemak trans, lemak jenuh dan lemak trans merupakan 2 jenis lemak yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dengan meningkatkan kadar kolesterol darah. Anda bisa membatasi asupan jenis lemak ini dengan membatasi sumber lemak jenuh seperti sapi, mentega, keju, susu, minyak kacang dan minyak kelapa. Lemak trans, berdasarkan bukti penelitian, bisa membawa dampak yang lebih buruk daripada lemak jenuh. Berbeda dengan lemak jenuh, lemak trans tidak hanya meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL tetapi juga menurunkan kadar kolesterol baik HDL. Batasi konsumsi lemak trans Anda dengan mengurangi asupan fast food, produk bakery, snack bungkusan, margarin dan crackers. Diet jantung sehat bukan hanya masalah mengurangi tapi bisa juga menambah. Tetapi, asupan yang ditambah adalah buah dan sayuran. Mengonsumsi banyak buah dan sayuran tidak hanya mencegah penyakit jantung tetapi juga bisa mencegah kanker. Selain buah dan sayur, Anda juga perlu menambah asupan asam lemak omega-3. satu jenis lemak tidak jenuh ganda. Lemak ini bisa menurunkan risiko serangan jantung, mencegah detak jantung yang tidak normal serta menurunkan tekanan darah. Akan tetapi, bagi Anda yang sedang mengandung atau dalam memasuki usia kehamilan sebaiknya menghindari konsumsi ikan hiu dan mackerel. Ikan ini biasanya mengandung kadar merkuri yang cukup tinggi sehingga berisiko mengganggu perkembangan janin. Tetapi bagi yang lain, manfaat ikan ini jauh lebih besar daripada efek negatif merkuri. 

0 komentar

Posting Komentar